Essay

Selamat Hari Nelayan Untuk Seluruh Nelayan Indonesia

Hari ini, tanggal 6 April ditetapkan sebagai Hari Nelayan Nasional. Mata pencaharian sebagai nelayan di Indonesia mempunyai kontribusi sangat penting sebagai pemasok protein tertinggi dari bidang perikanan. Sebutan nelayan tidak hanya berlaku untuk nelayan tangkap melainkan nelayan budidaya dan pengolahan perikanan. Perayaan Hari Nelayan Nasional jarang dirayakan secara masif, berbeda dengan hari buruh dengan gemuruh yang hampir semua orang mengetahuinya.

Jauh dibalik perayaan yang tidak begitu meriah dan jarang diketahui, data aktual dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menunjukkan terjadi  penurunan jumlah nelayan tangkap setiap tahunnya khususnya  periode 2004 Р2017, yang saat ini menyisakan kurang lebih 2,3 juta nelayan. Apabila dikalkulasikan dalam angka, maka jumlah nelayan berkurang rata-rata 31.000 nelayan pertahun atau 116 nelayan perhari. Miris bukan?

Minimnya pengetahun masyarakat tentang Hari Nelayan Nasional dan keberadaan nelayan tersebut menjadi salah satu penyebab berkurangnya pasokan protein setiap tahunnya. Bukan hanya orang awam saja yang tidak melihat hal ini, bahkan nelayannya sendiripun terkadang tidak mementingkan hal ini dan yang terjadi adalah keberadaan nelayan. Perayaan Hari Nelayan Nasional cenderung hanya dilihat dari aspek sejarahnya saja ketimbang melihat pentingnya keberadaan nelayan tersebut di laut indonesia.

Jika dilihat dari susunan pulau yang membentang, Indonesia merupakan negara maritim yang cukup besar yang mana ada 2/3 wilayahnya di kelilingi lautan yang luas. Dari sini kita bisa melihat bahwa sebenarnya perikanan di Indonesia seharusnya dapat lebih maju dan nelayan dapat disejahterakan serta diperhatikan keberadaannya. Negara kita ini kaya dari sumber daya alamnya terutama laut maka tidak sepantasnya suatu saat nanti Indonesia mengimpor ikan dari negara lain karena banyak dari warganya tidak lagi berminat menjadi nelayan.

Selamat Hari Nelayan Nasional!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *